Assalamu'alaikum.
Nama : Jemiran
NIM : 16205003
Matkul : Logika & Algoritma
Dosen : Tyas Setiyorini. M. Kom
Nama : Jemiran
NIM : 16205003
Matkul : Logika & Algoritma
Dosen : Tyas Setiyorini. M. Kom
Salam Sejahtera bagi kita semua semoga diberi umur panjang dan banyak rejeki. Amiin.
Disini saya akan membahas tentang sedikit materi Logika & Algoritma
Tapi sebelum masuk materi saya akan berikan silabus Matkul Logika & Algoritma yang ada dikampus tercinta.
STMIK Swadharma Kampus C.
Pondok Cabe. Pamulang
Silabus Logika & Algoritma
1. Konsep dasar logika, tahap analisa suatu algoritma sifat-sifat algoritma.
2. Variabel perubah & Pertukaran soal analisa algoritma.
3. Konsep type data dengan menggunakan bahasa pemrograman C ++ Operasi string konsep.
4. Diagram alur flowchart, struktur squence, struktur branding.
5. Struktur Looping
6. Struktur Rekuensif.
7. Latihan soal-soal dan kuis.
8. UTS
9. Struktur Array / Data Composite.
10. Metode divide dan Conver, Sorting (Selection, insert, quick, buble, marge)
11. Searching (Linier / Squential, D dan C search, Strait maxmin.
12. Metode Greedy Optimal On tape Storage. Knapsack Problem (kriteria Greedy).
13. Knapsack Problem (Program Greedy), Travelling, Salesman, Shortest Path Problem, Minimum Spanning Tree
14. Peranan (Coloring ) ? Review Materi
15. Latihan Soal / Quiz.
16. UAS
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma.
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma.
Definisi Logika
1. penalaran atau bentuk pemikiran.
2. ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
2. ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
Definisi Algoritma
1. Langkah – langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi.
3. Suatu m etode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary)
Tahap Penyelesaian Masalah
1. Bagaimana merencanakan suatu algoritma.
2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma
1. Langkah – langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yg berintegrasi.
3. Suatu m etode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary)
Tahap Penyelesaian Masalah
TAHAPAN ANALISA ALGORITMA
1. Bagaimana merencanakan suatu algoritma.
2. Bagaimana menyatakan suatu algoritma
a. Dengan bahasa semu (pseudocode).
Contoh :
Untuk menghitung Luas Segi tiga :
1. Masukan Nilai Alas
2. Masukan Nilai Tinggi
3. Hitung Luas =( Alas * Tinggi ) / 2
4. Cetak Luas
Contoh :
Untuk menghitung Luas Segi tiga :
1. Masukan Nilai Alas
2. Masukan Nilai Tinggi
3. Hitung Luas =( Alas * Tinggi ) / 2
4. Cetak Luas
b. Dengan diagram alur atau flowchart,
Contoh :
Contoh :
c. Dengan Statement program / penggalan
Program
Program
Contoh (menggunakan C++):
cin >> Alas ; //untuk input data
cin >> Tinggi;
Luas = (Alas * Tinggi)/2 ; // proses
cout << Luas; //untuk output data
cin >> Alas ; //untuk input data
cin >> Tinggi;
Luas = (Alas * Tinggi)/2 ; // proses
cout << Luas; //untuk output data
3. Bagaimana validitas suatu algoritma.
4. Bagaimana Menganalisa suatu Algoritma.
5. Bagaimana Menguji Program dari suatu Algoritma.
4. Bagaimana Menganalisa suatu Algoritma.
5. Bagaimana Menguji Program dari suatu Algoritma.
Tahap Proses uji Algoritma :
a. Fase Debugging
yaitu fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan.
b. Fase Profilling
yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).
a. Fase Debugging
yaitu fase dari proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan.
b. Fase Profilling
yaitu fase yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar (telah melewati fase debugging).
Analisis Suatu Algoritma
(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada :
(Untuk melihat faktor efesiensi & efektifitas dari algoritma tersebut), Dapat dilakukan terhadap suatu algoritma dengan melihat pada :
a. Waktu Tempuh (Running Time) dr suatu Algortima.
Hal-hal yg dpt m empengaruhi drpd waktu tempuh adalah :
1. Banyaknya langkah.
2. Besar dan jenis input data.
3. Jenis Operasi.
4. Komputer dan kompilator
Hal-hal yg dpt m empengaruhi drpd waktu tempuh adalah :
1. Banyaknya langkah.
2. Besar dan jenis input data.
3. Jenis Operasi.
4. Komputer dan kompilator
b. Jumlah Memori Yang Digunakan.
Sifat – Sifat Algoritma
• Banyaknya Langkah Instruksi Harus Berhingga,
• Langkah atau Instruksi harus Jelas,
• Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
• Input dan Output harus mempunyai Batasan,
• Efektifitas,
• Adanya Batasan Ruang Lingkup,
• Langkah atau Instruksi harus Jelas,
• Proses harus Jelas dan mempunyai batasan,
• Input dan Output harus mempunyai Batasan,
• Efektifitas,
• Adanya Batasan Ruang Lingkup,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar